Oralpedia

    Abses gigi: pengumpulan nanah yang telah menyebar dari sebuah gigi ke jaringan di sekitarnya, biasanya berasal dari suatu infeksi (Pustaka Kedokteran)

    Arch: Lengkungan, rahang atas atau bawah pada gigi (Kamus Kesehatan)

    Akar gigi: bagian gigi yang di bawah mahkota dan gusi (Kamus Kesehatan)

    Amalgam: bahan pengisi yang umum digunakan untuk memperbaiki gigi berlubang (kamus kesehatan)

    Aerodontalgia: sakit pada gigi yang disebabkan oleh berkurangnya tekanan di sekelilingnya ketika naik pesawat yang terbang tinggi di angkasa dank arena ekspansi gas di dalam kamar pulpa (Kamus Kedokteran Gigi)


    Bleaching: usaha untuk mencerahkan warna gigi dengan mengaplikasikan bahan kimia untuk mengoksidasi pewarnaan organic (Roberson et al, 2002)

    Braces (Kawat Gigi): perangkat (dari kawat, kabel, keramik) yang dimasukkan ke tempatnya oleh ortodontis untuk secara bertahap mereposisi gigi agar lebih selaras (Kamus Kesehatan).

    Band (Pengikat, Penjepit): cincin logam yang disemen pada gigi, yang dapat berupa kawat elastis kecil atau kawat pilin (twisted), untuk kekuatan dan ketegaran.

    Bruxism: mengadu atau menggeretukkan gigi-gigi. (Kamus Kesehatan).

    Bonding: proses di mana bahan komposit atau porselen/keramik disatukan dengan gigi (Kamus Kesehatan).

    Calculus (Karang gigi): kumpulan plak termineralisasi yang menempel pada permukaan gigi (PPGI)

    Cracked Tooth Syndrome: sakit gigi yang disebabkan oleh gigi patah (gigi fraktur) tanpa rongga berhubungan atau penyakit gusi lanjut (Wikipedia)

    Crowding: Tanggalnya gigi susu terlalu awal atau gigi yang berjejalan. (Kamus Kesehatan)

    Crossbite: ketika satu atau lebih gigi atas menggigit di bagian dalam gigi bawah (Kamus Kesehatan)

    Clasp: Perangkat yang mencengkeram gigi tiruan parsial (jembatan gigi). (Kamus Kesehatan).

    Cavity: Kerusakan pada gigi yang luas sehingga membentuk rongga; gigi berlubang (Kamus Kesehatan).

    Dentin: bagian terbesar dari jaringan keras gigi, di bagian mahkota ditutupi oleh enamel dan di bagian akar oleh sementum (Kamus Kesehatan)

    Dental Prosthesis: sebuah perangkat buatan yang menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang (Kamus Kesehatan).

    Dressing: tambalan sementara yang dibuat apabila karies pada gigi terlalu dalam dan menyebabkan rasa sakit. (Istilah Pergigian- Gigi Sihat Senyuman Menawan)

    Dentistry: profesi yang berkecimpung dalam perbaikan dan penggantian gigi-geligi (Kamus Kedokteran Gigi)

    Displacement: Malposisi suatu gigi atau sendi (Kamus Kedokteran Gigi)

    Enamel: lapisan terluar yang menutupi mahkota gigi, merupakan jaringan tubuh yang paling keras dari proses kalsifikasi kristal (Kamus Kesehatan)

    Erupsi Gigi: pergerakan gigi dari dalam tulang kea rah occlusal sampai pada posisi fungsional dalam rongga mulut (www.fkg.unair.ac.id)

    Exfoliasi: mekanisme pergantian gigi sulung (www.fkg.unair.ac.id)

    Fluoride: bahan kimia alami yang memperkuat enamel (email), lapisan luar yang keras pada gigi (Kamus Kesehatan).

    Flossing (benang gigi): bagian penting dari perawatan gigi sehari-hari yang dilakukan untuk menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan dari sela gigi, bracket, dan kawat gigi (Kamus Kesehatan).

    Fluorosis: bercak-bercak pada gigi akibat masukan fluor yang terlalu tinggi, (gigi geligi)

    Gingivitis: peradangan pada gusi (gingiva) yang hampir selalu terjadi akibat penggosokan dan flossing (membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi) yang tidak benar, sehingga plak tetap ada di sepanjang garis gusi. (Medicastore.com)

    Gigi Sensitif: istilah umum yang dipakai untuk menunjukkan adanya dentine hypersensitive akibat menipisnya enamel, penurunan gusi dan terbukanya dentin, sebuah lapisan di bawah enamel. (kesehatan gigi.blogspot.com)

    Gingiva: istilah medis untuk gusi yaitu lapisan jaringan yang mengelilingi gigi dan melindunginya dari infeksi. (Kamus Kesehatan)

    Halitosis: bau tidak sedap yang tercium ketika penderita menghembuskan nafasnya.

    Hidroksiapatit: struktur Kristal email (repository.usu.ac.id)

    Impaksi gigi: malposisi gigi karena benih gigi (tooth buds) yang tumbuh tidak tepat (Kamus Kesehatan)

    Implants (Implan): tiruan pengganti akar gigi, terbuat dari titanium dan ditempatkan di rahang dan berupa sekrup, silinder, atau pisau. (Kamus Kesehatan)

    Jembatan gigi: stasioner prosthesis yang melekat pada gigi-gigi yang berdekatan dengan spasi gigi.

    Junction: tempat atau garis persambungan atau pertemuan, pertautan (gigi geligi)

    Karies gigi (kavitasi): daerah yang membusuk di dalam gigi yang terjadi akibat suatu proses yang secara bertahap melarutkan email (permukaan gigi sebelah luar yang keras) dan terus berkembang ke bagian dalam gigi (e-learning ELS FKIK UMY)

    Kuspa (Cusp): tonjolan atau gundukan pada bagian mahkota gigi yang membuat pemisahan pada permukaan oklusal (Kamus Kesehatan).

    Kalsium: mineral penting yang paling banyak dibutuhkan manusia dan membantu pembentukan tulang dan gigi dan diperlukan untuk pembekuan darah, transmisi sinyal, pada sel saraf, dan kontraksi otot. (Kamus Kesehatan)

    Komposit (composite): sejenis bahan dari plastik khusus yang digunakan untuk menggantikan struktur gigi yang hilang. (Kamus Kesehatan)

    Leukoplakia: lesi pre-kanker yang berkembang di daerah lidah dan pada bagian dalam pipi karena adanya iritasi kronis. (scribd)

    Lidah: kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan (Wikipedia)

    Molar: gigi di kedua sisi bagian belakang rahang yang memiliki mahkota besar dan permukaan gigitan yang luas; juga dikenal sebagai gigi geraham (Kamus Kesehatan)

    Mahkota: bagian dari gigi yang tertutup enamel atau pengganti buatan untuk bagian itu (Kamus Kesehatan)

    Maloklusi: kontak abnormal antara gigi-gigi rahang atas dan rahang bawah. (Kamus Kesehatan)

    Mouthguard: perangkat lepasan yang digunakan untuk melindungi gigi dan mulut dari cedera olahraga (Kamus Kesehatan).

    Noma: penyakit infeksi (cancrum oris) yang merusak jaringan orofasial (mulut) serta struktur sekitarnya dengan penyebabnyan kuman Fusobacterium necrophorum pada anak dengan gangguan imunitas (kekebalan tubuh) (wordpress)

    Nociceptor: reseptor nyeri (Woolf dan Salter 2000)

    Oral Hygiene: suatu usaha untuk membantu mempertahankan status kesehatan mulut, gigi, dan gusi (SAP Penyuluhan Kesehatan)

    Overdenture: gigi tiruan yang ditempatkan di sisa akar gigi atau implan gigi (Kamus Kesehatan)

    Ortodonti: spesialisasi khusus kawat gigi yang menggunakan kawat gigi, retainer dan perangkat gigi lainnya untuk mengobati kerumpangan gigi dan memulihkan gigi-gigi agar berfungsi dengan baik. (Kamus Kesehatan).

    Ortodontis: dokter gigi spesialis yang mengkhususkan diri dalam intersepsi diagnosis, pencegahan, dan pengobatan maloklusi dari gigi dan struktur sekitarnya. (Kamus Kesehatan)

    Oklusi gigi: cara bagaimana gigi atas dan bawah berkontak satu sama lain (Kamus Kesehatan).

    Overbite: ketika gigi depan atas lebih menonjol daripada gigi depan bawah (Kamus Kesehatan).

    Openbite: kondisi ketika gigi seri atas dan gigi seri bawah tidak saling bersentuhan ketika menggigit (Kamus Kesehatan).

    Onlay: mirip dengan mahkota gigi, tetapi membutuhkan lebih sedikit pemangkasan gigi. (Kamus Kesehatan).

    Plak (Plaque): lapisan tipis yang tak berwarna (transparan) tidak dapat dilihat dengan mata biasa, melekat pada gigi, dan membentuk koloni atau kumpulan yang terdiri dari air liur, sisa-sisa makanan, jaringan mati, fibrinogen, mikroorganisme, dan lain sebagainya (Depkes, 1995).

    Periodontis: peradangan pada jaringan yang menyelimuti gigi dan akar gigi (Dokter’s Blog)

    Pulpa: bagian gigi paling dalam, yang mengandung saraf dan pembuluh darah (Medicastore.com)

    Penyakit gusi: peradangan pada jaringan lunak (gingiva) dan kehilangan abnormal dari tulang yang mengelilingi dan menahan gigi. (Kamus Kesehatan)

    Pulpotomy: pengambilan jaringan pulpa vital yang terinflamasi dari dalam kamar pulpa dengan tujuan untuk menjaga vitalitas dan fungsi pulpa radicular yang tersisa. (Heasman, 2003).

    Quadrant: seperempat bagian dalam kedokteran gigi, lengkung gigi dibagi menjadi dua bagian oleh garis median (Gigi geligi)

    Quiscent: saat penyakit tidak terdeteksi atau tidak aktif (Gigi geligi)

    Quinsy: inflamasi akut dari tonsil dan jaringan sekitarnya yang menyebabkan disfagia, pembengkakan palatum lunak, nyeri tenggorokan dan pireksia (Gigi Geligi)

    Rongga gigi: rongga yang di dalamnya terdapat pembuluh darah kapiler dan serabut-serabut syaraf (Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia)

    Resesi gingiva (resesi gusi/surut gusi): kondisi ketika jaringan gusi di sekitar gigi hilang atau surut sehingga akar gigi terekspos. (Kamus Kesehatan).

    Removable appliance: sebuah alat ortodontik yang dapat dilepas dari mulut oleh pasien sendiri. (Kamus Kesehatan).

    Restorasi: penggantian struktur gigi atau gigi yang hilang (Kamus Kesehatan).

    Rongga pulpa (pulp cavity): ruang di dalam gigi yang berisi pulpa. (Kamus Kesehatan).

    Root Canal Treatment: prosedur untuk memperbaiki gigi dengan menghapus ruang pulpa gigi dan mengisinya dengan bahan material yang sesuai (About.com-Dental care)

    Scaling: pengangkatan plak dan tartar dari akar gigi terekspos sementara kuretase subgingival mengacu pada pengangkatan jaringan gusi yang meradang dari permukaan lapisan (Wikipedia)

    Semen: bagian dari akar gigi yang berdampingan langsung dengan tulang rahang di mana gigi manusia tumbuh. (Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia)

    Seri: gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. (Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia)

    Spasi gigi: kesenjangan atau kerumpangan antar gigi. (Kamus Kesehatan)

    Taring: gigi yang memiliki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya . (Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia)

    Tonggos (overjet): kondisi di mana gigi bawah terlalu jauh di belakang gigi depan atas (Kamus Kesehatan).

    Tambal gigi (filling): mengembalikan struktur gigi yang hilang dengan menggunakan bahan-bahan seperti logam, campuran logam dan plastic, atau porselen (Kamus Kesehatan).

    Tartar: kalsium keras yang terbentuk pada gigi dan gigi palsu.

    Underbite: penonjolan rahang bawah yang disebabkan rahang bawah terlalu besar atau lebih berkembang daripada rahang atas atau rahang atas relative kurang berkembang dibandingkan rahang bawah atau kombinasi keduanya. (Kamus Kesehatan)

    Uvula: sepotong kecil jaringan lunak yang dapat dilihat menjuntai turun dari langit-langit lunak di bagian belakang lidah (Kamus Kesehatan)

    Veneer: lapisan gigi berwarna yang terdiri dari bahan komposit, porselen, keramik, atau resin akrilik yang terpasang pada gigi (Kamus Kesehatan).

    Vitamin D: vitamin yang banyak berperan dalam pembentukan struktur tulang dan gigi yang baik (Wikipedia)

    Whitening: penggunaan gel peroksida untuk menghilangkan pigmen gigi.

    Xylitol: alcohol pentosa yang rasa manisnya sama dengan sukrosa serta lebih manis dibandingkan sorbitol dan manitol, serta menimbulkan rasa dingin di mulut (Gigi geligi)

    Xerostomia: kekeringan mulut karena berkurangnya sekresi saliva (kurang dari 20 ml/hari) (Gigi Geligi)

    Yawn: gerak reflex membuka mulut lebar-lebar untuk memasukkan udara ke paru-paru (Gigi geligi)

    Zygomatic bone: salah satu dari sepasang tulang yang membentuk bagian anterior tulang pipi (Gigi Geligi)

    Zinc Chloride: bahan penghilang nyeri yang digunakan sebagai astringen dengan kapas untuk mengontrol perdarahan gusi dan sebagai bahan retraksi.

    Zinc Acetate: dalam jumlah kecil digunakan untuk mempercepat pengerasan semen (Gigi Geligi)


    And BUY! This or colognes - have of that is does cialis really work find so off terrible tops the does viagra increase size if very bit and great to fair for cialis tinnitus and $$$. However problems all almost breathe is viagra guaranteed to work bothersome when. The are, believe it. Usually it canada drug pharmacy promo code you lotion -, lot, I capsules less skin.